DETAIL BERITA

Klinik Coaching Pendampingan Pengisian Borang Lamdik dan Lamemba: STAI Taswirul Afkar Siapkan Akreditasi Prodi

Oleh. Rozy Category. Public

Public

Surabaya, 3 Desember 2023 - Konsorsium Lembaga Penjaminan Mutu Kopertais Wilayah 4 Surabaya sukses menyelenggarakan Klinik Coaching Pendampingan Pengisian Borang Program Studi Rumpun Lamdik dan Lamemba di Hotel Halogen, dari tanggal 1 hingga 3 Desember 2023.

Dr. H. Rangga Sa’adillah S.A.P., M.Pd.I., dan Muslih, M.Pd.I. mewakili STAI Taswirul Afkar Surabaya, mengungkapkan harapannya agar kegiatan ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pengisian borang akreditasi di STAI Taswirul Afkar Surabaya. Sebagai dosen yang ditugaskan dalam coaching tersebut keduanya berharap akreditasi yang akan dihadapi oleh Prodi PAI STAI Taswirul Afkar Surabaya dapat berjalan dengan lancar dan selalu diiringi oleh kekompakan tim. “Akreditasi Prodi PAI harus disambut dengan bahagia sebab dengan wajah ceria dan hati yang bergembira akan menjadikan kita bekerja dengan tenang dan enjoy.” Kelakar Rangga (02/12/’23).

Sorotan utama kegiatan ini terfokus pada penyampaian Ahmad Lubab, M.Si., sebagai tim Ahli Kopertais. Beliau memberikan berbagai trik dan tips yang berharga terkait pengisian borang akreditasi. Dalam paparannya, Ahmad Lubab secara mendalam membedah titik berat dari pengisian borang rumpun Lamdik dan Lamemba, menyoroti pentingnya dokumentasi tridharma dosen sebagai fokus utama. Beliau juga menekankan perlunya sinkronisasi antara tim akreditasi dengan pimpinan kampus, mengingat data pengisian borang berasal dari program kerja pimpinan.

Ahmad Fauzi, M.Pd., tim Ahli Kopertais yang membidangi Mutu, memberikan kontribusi berharga dengan berbagi tips dan trik mengenai pengisian borang akreditasi. Beliau menekankan pentingnya kerja sama tim dalam mengisi borang untuk mencegah kesalahan input data. Ahmad Fauzi juga menginformasikan bahwa instrumen akreditasi LAM (Lembaga Akreditasi Mandiri) akan tetap berlaku hingga Agustus 2024, dan mendorong peserta untuk segera submit borang guna memastikan instrumennya tidak berubah. Selain itu, ia menyoroti dokumen-dokumen pokok yang harus dimiliki oleh PTKIS dalam pengisian borang, seperti Statuta, RIP (Rencana Induk Pengembangan), Renstra & Renop, Ortaker (Organisasi Tata Kerja) Kampus, dan Dokumen Kurikulum.

Pada hari Sabtu, 2 Desember 2023, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian peserta menjadi dua forum coaching, yakni coaching Lamdik oleh Dr. Umi Hanifah, M.Pd.I., dan coaching Lamemba oleh Dr. Ulil Hartono, S.E., M.Si., keduanya yang mendapatkan amanah sebagai Asesor Lamdik dan Asesor Lamemba. Para pelatih dengan penuh dedikasi menjelaskan secara rinci cara penyusunan LKPS (Laporan Kinerja Program Studi) dan memberikan kesempatan kepada peserta untuk mempresentasikan satu per satu borang yang telah diisi.

Kegiatan ditutup pada tanggal 3 Desember 2023, penuh semangat dan harapan dari para peserta yang berharap agar proses akreditasi di perguruan tingginya dapat berjalan dengan lancar. Keberhasilan klinik coaching ini menjadi landasan yang kuat bagi peningkatan mutu pendidikan tinggi di wilayah ini.

Semua Berita